Wednesday, July 18, 2012

Sejarah Java

        Adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek yang dijalankan di berbagai media elektronik seperti komputer, telepon genggam, hingga bisa mengoperasikan robot. Bahasa ini pertama kali di kembangkan oleh : James Gosling
        James merilis Java saat masih bergabung di Sun Microsystems tahun 1995. Sebelum itu Java terlahir pada tahun 1991 saat Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems mengerjakan proyek The Green Project, proyek ini bertujuan ingin mendesain sebuah bahasa pemograman komputer yang berukuran kecil yang dapat digunakan untuk peralatan elektronika konsumen sepertu switchboxes TV kabel. Dikarenakan peralatan-peralatan ini menggunakan konsumsi daya dan memory yang rendah, maka bahasa pemograman tersebut harus berukuran sangat kecil. Juga karena setiap vendor menggunakan CPUs (Central Processing Unit) yang berbeda, maka bahasa tersebut harus bersifat multiplatfrom, tidak terikat hanya pada satu arsitektur (Architecture Neutral).

        Karena harus bersifat Architecture Neutral, maka Green Project menggunakan Virtual Machine (atau dikenal dengan Java Virtual Machine) yang berasal dari model implementasi bahasa Pascal di awal-awal perkembangan PC. Dikarenakan insinyurinsinyur Sun berlatar belakang Unix2, jadi mereka mendasari bahasa pemograman mereka dengan C++ dari pada Pascal. Secara khusus mereka membuat bahasa  mereka berorientasi obyek (object oriented), bukan berorientasi prosedur (procedural oriented) seperti model bahasa Pascal. Bahasa pemograman tersebut dinamakan Oak, kemudian diubah menjadi Java.
        Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja James Gosling Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak lain sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi Java, nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.

Sumber : Wikipedia

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung ke Blog saya :) Semoga bermanfaat dan tunggu posting menarik lainnya :). #IntoTheNewWorld